Rabu, 16 Desember 2009

soal harga tokek


Tak ada kepastian harga tokek. Yang ada adalah sesuai selera. Betapa tidak, meski ditawarkan murah, tapi jika tidak suka, pasti tidak dibeli. Atau sebaliknya, meski mahal, jika suka, ya tetep dibeli. Pendek kata, harga tokek lebih menyerupai harga barang antik. Harga tokek bisa dikatakan sebagai harga kesenangan.

Ya, harga tokek memang tak pernah ada kejelasan di pasaran. Hampir semua harga penawaran tokek di internet tak sepenuhnya benar. Meski ada beberapa yang benar, tapi lebih banyak yang nggak bener. Iklan internet, terkadang tokek dihargai sangat mahal, tapi terkadang dihargai sangat murah. Itu, tergantung siapa yang membuka penawaran harga.

Tapi, kebanyakan pengiklan di internet berasal dari kalangan mediator. Sangat jarang seorang buyer membuka penawaran harga di internet. Biasanya, seorang buyer hanya memantau orang-orang yang menawarkan tokek. Jika dia tertarik dengan tokek yang ditawarkan, biasanya dia langsung menghubungi alamat pemasang iklan, bisa via situs, email, telepon atau bahkan datang langsung.

Tapi, itu semua sah-sah saja. Seorang mediator tak bisa disalahkan sepenuhnya. Biar bagaimanapun, keberadaannya sangat diperlukan oleh pemilik maupun pembeli tokek. Terutama yang kesulitan dalam hal pemasaran. Tapi, sangat disayangkan jika ada mediator yang bekerja tanpa etika. Ingin dapat keuntungan besar, dia rela bermain petak umpet. Ujung-ujungnya, pemilik tokek hanya kebagian kue keuntungan yang sangat kecil. Sementara mediator, hanya bermodal HP, email dan foto tokek, bisa untung berkali-kali lipat dari pemilik tokek.

Nah, dari sini, sebaiknya para mediator mulai mengubah diri. Berbisnis dengan etika. Kejujuran dan keterbukaan dengan pemilik maupun buyer tokek sangat diperlukan. Dengan keterbukaan, semua sama-sama untung, sama-sama senang. Tak ada yang dirugikan. Tidak menimbulkan rasa dendam atau benci di kemudian hari.

Sejak situs ini saya lempar ke publik bulan lalu, beragam pertanyaan muncul, baik yang menulis via komentar, email, maupun telepon langsung. Kebanyakan dari mereka menanyakan harga tokek. Beberapa kalangan berasal dari pemilik tokek, mediator, atau dari buyer langsung.

Tapi, saya selalu jawab “saya tidak bisa memastikan.” Sebab, ada kalanya yang mencari atau menawarkan tokek dengan harga yang sangat tinggi, tapi terkadang ada yang menawarkan dengan harga murah. Jadi, soal harga tetap tak bisa dipastikan.

Selama beberapa waktu berkomunikasi dengan beberapa pemilik, mediator dan buyer, saya bisa menyimpulkan (kalau boleh), bahwa harga tokek itu berbeda di tiap daerah. Misalnya, harga tokek di Surabaya, Jakarta, Yogyakarta atau Banjarmasin jelas berbeda. Biasanya, harga itu tergantung dari kemampuan buyer setempat dalam membayar tokek.

Di Banjarmasin, Kalsel misalnya. Harga tokek sangat bervariasi. Tokek dahan/rumah/pohon/hutan, ukuran 1 ons dihargai Rp 100 ribuan, ukuran 1,5 ons dihargai Rp 250 ribuan, ukuran 2 ons dihargai Rp 1-5 juta, ukuran 2,5 ons up dihargai di atas Rp 10 juta. dst.. Sementara untuk pasaran tokek batu, ukuran 2 kilogram up, dijual pada kisaran Rp 25 juta hingga Rp 50 juta per ons.

Untuk tokek dahan atau rumah yang laku dijual, syaratnya relatif sama: sehat, totol merah/hitam/putih, dll. Sedangkan tokek batu, biasanya yang dicari ukuran 2 kilogram up, sehat, lidah tidak bercabang. Nah, demikian informasi yang saya tahu. Mungkin Anda jauh lebih tahu informasi soal harga tokek ini. Jika memungkinkan, silakan share harga tokek di sini. Terima kasih…

Banjarmasin, 16 Desember 2009

14 komentar:

ammank mengatakan...

KPD YTH para buyer N Mediator,
SERIUS!! Kami ada TOKEK Batu 7 Ons lebih..
Anda Berani ambil berapa duit?
ammank73@gmail.com
085796717338

Danuh mengatakan...

wah admin rumah tokek nih bisa aja..saya mediator lho dari jakarta syarat yang saya gunakan tergantung yang kontak dengan saya..ada yang pakai uang promotor ,uang notaris,uang gamblingan juga ada..itu sih selera antara mediator vs mediator atau mediator vs penjual atau penjual vs buyer semua punya aturan main yg sudah disepakati ber sama.. dan transaksi bagi hasil 50-50 adil bukan kalau??.. yang nawar barang ga neko neko kita juga senang melayani dengan ga neko-neko juga.. hanya saja saya tidak menyalurkan penjualan tokek untuk hobby seperti tokek antik hehehe..jadi kenapa tidak kerja sama saja..disini ujung ujung nya numpang promosi pak admin hehehe

DICARI tokek rumah atau pohon saja ukuran berat 3,5ons up boleh juga ukuran 2.5ons minimal 5 ekor paket dengan 1 ekor yg 3.5ons..harga paket sangat kecil tapi kalau ada yg 3.5ons harga sangat memuaskan transaksi khusus di jakarta kita tidak jemput barang..kalau jabotabek okelah turun langsung cek pisik..peminat serius kontak saya danet/danuh di 0857115393,,oke pak admin terima kasih atas kesemptannya..sukses buat anda..dan silahkan kontak saya juga seandaianya ada yg mau di lepas dengan kriteria diatas..:)

Danuh mengatakan...

ralat info nomer hp 085711225393

Queen mengatakan...

mas...tokek di rumah saya banyak dari yg ukuran besar ampe kecil...mereka pd jam-jam ttt udah biasa nongol utk saya kasi makan. kl mas berminat tlg tengok ke rumahh saya dan kita bs nego harganya. makasih mas... sukses selalu

bisnis mengatakan...

numpang mejeng bozz..

aku punya tokek batu dengan berat 3kg up. harga kubuka 40jt/ons. jumlah lebih dari se ekor..
berminat?? hub putra_2072@yahoo.com atau hp 0831 711 44 711 (sms only). foto ada...
tq

Bocah klaten mengatakan...

Tokek memang unik,bahkan saya punya blog tentang tokek,sekalian jualan tokek kecil2an. Lumayan untuk tambahan income. Tokek 3 ons up.,,,makin langka. Ada yg minat tokek 1 ons? Cocok untuk dibesarkan. Klik: http://masyonoheriawa.blogspot.com

ERI mengatakan...

salam hormat,,, saya eri dari Malaysia adalah pemilik cicak tokek berbintik merah berkepala besar dan lidah merah umpama kucing. maklumat gambar boleh didapati facebook saya md fazerim omar dan disini ingin saya malumkan bahwa saya ingin pembeli yang serius untuk tokek saya. lokasi tokek saya kini berada di kuantan pahang. bagi pembeli yang serius sila kemukakan bukti kewangan kepada email erimuec@yahoo.com dan hubungi saya di talian +60132147828 ... sekian terima kasih

ERI mengatakan...

berat timbangan belum di timbang kerana mengikut beberapa fakta yg saya terima biarlah pembeli sendiri yg menimbang berat tokek saya. saiz panjang adalah 3 kotak rokok dunhill..

ERI mengatakan...

berat belum dimbang kerana tak berani nak pagang dan tiada alat timbangan digital.. saiz panjang adalah 3 kotak rokok dunhill... keada sihat dan cergas

Radithya mengatakan...

jual tokek batu 7.5Kg, lidah tunggal, posisi jakarta
yang berminat untuk mendapatkan gambarnya silahkan hubungi hubungi 0852 385 65432

diky mengatakan...

Saya punya temen yg punya tokek ekor cabang 3
Minat bisa hubungi saya di email
dii_qy@yahoo.co.id
Tanpa perantara, langsung ke pemilik tokek

Jason Marcellus mengatakan...

Saya ada tokek ukuran 42cm aman posisi lampung
Bagi peminat serius silahkan hubungi 089651510110 / pin 2a4f7c85

Sang putu Armika mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Sang putu Armika mengatakan...

Ditemukan tokek pada dini hari, tgl 26 desember 2015 ,jam 24;20 wita , dirumah sendiri,
cerita kejadian ditemukan ,Awal mula didepan pintu kamar saya, tapi tak iraukan awalnyatapi setelah sepintas dilihat kok tukek ini aneh saya lihat jam 22:15 wita tapi saya biarkan. Setelah datang dari jemput istri jam 24:10 wita sampai dirumah tiba tiba muncul dikamar kecil pada saat itu , saya inisiatip ingin nangkapnya tapianeh tokek itu saya tak tangkap dengan tangan , tapi saya ambilkan keranjang plastik kcil , tokek itu saya arahkan ke kerangjang itu masuk dalam keranjang , setelah itu kok binatang lain semua berbunyi silih berganti dimalam hari , yang mengerikan suara kodok darat ( dongkang ) serentak berbunyi setlah dapt itu , saya merasa takut tumben ada TUKEK jinak , dulu pernah lihat kadal ekor bercabang larinya kencang sekali baru mau ditangkap , kalau yang ini lembut saya arahkan ini pun saya tak pegang pada saat ditangkap , MOHON IMFO APA PUNGSI DAN KEGUNAANNYA